>

Pikiran Harus Teroganisasi Secara Efektif

Okky Sulistijo

Di dunia ini ada satu hal yang membantu untuk menghindari kekacauan atau anarkis dalam berbagai bidang. Hal tersebut adalah organisasi. Tanpa hal ini segala sesuatu berjalan tanpa arah dan tujuan. Bila hal ini terjadi maka tidak ada apapun yang tercipta di dunia ini.

Alam semesta ciptaan Tuhan yang Maha Segalanya adalah sebuah contoh organisasi yang luar biasa bagi kita. Lihatlah! Tidak ada satupun di alam semesta ini yang berotasi saling berlawanan. Semua serba satu arah, semua serba memiliki jarak tertentu dan semua serba terorganisasi!

Mulai dari pembuahan, kelahiran, bertumbuh hingga kematian seseorang, semua serba terorganisasi. Tidak ada seorang ibupun di dunia ini yang memberikan anak yang baru dilahirkannya dengan makanan orang dewasa, seperti nasi goreng pedas. Pasti! Ibu itu akan memberikan ASI untuk makanan pertama si bayi. Terorganisasi!

Kita akan menghadapi semakin banyak hal yang terorganisasi ketika kita bertumbuh dewasa. Kita juga harus mengorganisasikan diri kita sendiri supaya kita dapat bertahan dan mencapai sesuatu dalam kehidupan kita. Kita harus mengorganisasikan semua aktifitas kehidupan kita. Itu artinya kita harus mengorganisasikan pemikiran kita untuk segala hal dalam kehidupan kita. Bila kita berhasil mengorganisasikan pikiran kita, kita pasti berhasil mengatur kehidupan kita dan meraih kehidupan yang sukses dan bahagia.

Mengorganisasikan sesuatu dalam kehidupan kita sebenarnya adalah melakukan sistematisasi terhadap apa yang kita lakukan. Kita harus menemukan cara yang paling tepat, cepat, efektif dan efisien dalam kehidupan kita. Hal yang sama yang harus kita lakukan ketika kita berpikir.

Luar biasanya, di dunia ini lebih banyak orang yang berbicara tanpa arah daripada orang yang berpikir secara sistematis dan melakukan sesuatu dengan tujuan jelas! Bersyukurlah! Karena dengan membaca tulisan saya ini, paling sedikit Anda telah melakukan sesuatu yang bermakna untuk tujuan hidup Anda!

Pekerjaan saya adalah pembimbing hidup berlimpah (abundance coach). Pembimbingan ini berhubungan dengan bagaimana supaya orang dapat hidup berlimpah dalam berbagai bidang. Saya banyak bertemu orang yang “banyak bicara dan berharap” tanpa melakukan sesuatu yang bermakna bagi hidupnya. Pekerjaan saya adalah memberikan pandangan yang jelas bagi mereka agar kehidupan mereka berubah dari BERLIMBAH menjadi BERLIMPAH (satu huruf saja yang berbeda namun maknanya sangat jauh berbeda).

Bukan maksud saya untuk mengatakan bahwa LIMBAH itu kotor dan menjijikan (sangat jelas bagi beberapa orang limbah dapat menghasilkan sesuatu yang dahsyat). LIMBAH yang saya maksud adalah bermakna pembuangan atau sisa. Apakah hidup kita mau mendapatkan sisa saja atau justru melimpah ruah bagi orang lain? Menerima atau memberi?

Ketika para klien melakukan sesuatu yang bermakna dalam kehidupan mereka, sekecil apapun. Saya dengan bangga akan menyebut mereka sebagai AGENT OF BREAKTHROUGH, seorang manajer/penegosiasi/perwakilan dari ide cemerlang yang membuat lompatan besar dalam kehidupan. Mereka menjadi paham bahwa hidup adalah seperti apa yang mereka pikirkan.

Kita semua menggunakan lebih banyak waktu untuk memikirkan diri kita sendiri daripada memikirkan orang lain namun sangat mengherankan melihat kenyataan bahwa kita sangat sedikit mengetahui mengenai diri kita. Cara kita berpikir merupakan cara kita hidup. Hambatan, gangguan dan emosi negatif pasti datang dalam hidup kita, namun semua itu harus kita hadapi. Ketika Anda berpikir bahwa gagal itu mustahil dan Anda mempercayainya (FAILURE IS IMPOSSIBLE WHEN YOU BELIEVE) maka itulah yang terjadi.

Perbedaan antara BERKHAYAL dan BERPIKIR adalah terletak pada apa yang Anda LAKUKAN setelahnya. Bila Anda TIDAK MELAKUKAN APAPUN terhadap sesuatu yang ada dalam benak Anda maka itulah yang disebut BERKHAYAL! BERPIKIR berarti bergerak menuju ke sasaran yang pasti. Berpikir diikuti dengan tindakan nyata yang terorganisir.

Kita tidak perlu untuk membuang waktu dengan berpikir tentang hal yang tidak ada hubungan dengan kesuksesan kita. Pikiran adalah penentu baik atau buruk, sedih atau bahagia, kaya atau miskin. Bila Anda berpikir tentang kebaikan maka tidak perlu buang waktu, SEGERA LAKUKAN SESUATU! Anda segera belajar, itu yang terpenting untuk menemukan cara yang paling tepat, cepat, efektif dan efisien dalam kehidupan Anda!

JUST DO IT! Lakukan saja!
by. Okky Sulistijo Master Of Abundance Coach