>

“ Pemenang tidak melakukan sesuatu yang BEDA,
Pemenang hanya melakukan sesuatu dengan CARA YANG BERBEDA”

Banyak orang pintar namun gagal, banyak pribadi cerdas namun kandas di tengah jalan. Sebaliknya ada sebagian orang biasa-biasa saja di akademik maupun oleh lingkungannya tetapi meraih sukses luar biasa dimata manusia dan juga dimata Allah SWT.

Rahasia besar yang dimiliki orang-orang besar sebenarnya bukan terletak pada seberapa banyak dia belajar tentang suatu ilmu. Rahasia yang sebenarnya adalah terletak pada sikap mental yang kokoh, tegar, kuat dan memiliki tujuan hidup yang berkobar-kobar untuk mewujudkan mimpi dan cita-citanya untuk sukses dengan aksi nyata yakni dengan 10 % ide 90% keringat.

Orang-orang besar memulai langkahnya dengan cita-cita yang besar. Kemudian keberanian memulai pada langkah pertama, berani mengambil resiko gagal, berani berproses, berani berkorban dan berani dievaluasi (di kritik) serta berani bangun dan bangkit kembali ketika jatuh atau dijatuhkan dengan cara yang lebih baik.

Banyak orang pintar dan cerdas yang tidak berbuat bukan karena tidak mampu melakukan melainkan karena tidak bertekad. Banyak diantara mereka yang hanya sekedar memutuskan tanpa berani mulai mengerjakan. Banyak orang yang mampu melakukan sesuatu namun tidak mau melakukan, padahal tidak ada proses perbaikan hanya dengan sebuah kemampuan tanpa kemauan memulai dengan aksi nyata.

Anda harus memiliki keyakinan SUKSES, karena Allah tidak akan merubah nasib Anda kalau Anda sendiri berperilaku pasif dalam berusaha merubah nasib Anda. Doa seoptimal mungkin Usaha dan kerja semaksimal mungkin, dan tawakkal sebagai sandaran akhir dari usaha Anda.

Pribadi yang bermental sukses selalu berfikir positif atas masalah/kesulitan yang diberikan oleh Allah kepadaNya sehingga Dia selalu melihat peluang dalam setiap masalah dan bukan melihat masalah disetiap peluang yang ada dihadapannya.

Ketika mental Anda adalah mental SUKSES maka kata-kata yang keluar dari mulut adalah kata-kata optimis. Anda akan bilang ” Sulit tapi bisa” untuk hal-hal sulit yang Anda rasakan dan bukan kata kata “Bisa tapi sulit”. Kedua kalimat tersebut mengandung unsur kata yang sama namun membawa pengaruh yang sangat berbeda. Kalimat sulit tapi bisa berakhir pada sikap optimis dan berlanjut pada gerak mencoba, sedangkan kalimat bisa tapi sulit cenderung mendorong sikap pessimis dan menyerah sebelum melakukan percobaan.

Kesalahan Anda dalam memilih kosa kata akan berpengaruh pada penerjemahan kreativitas bawah sadar yang salah. Ketika Anda mengeluarkan kata dengan metafora negatif maka tubuh Anda akan membenarkan dan mendukung 100% dengan bahasa tubuh yang sesuai. Sebagai contoh, anda berkata bahwa Anda tidak percaya diri berbicara didepan umum, maka kaki anda akan merespon dengan gemetar, mata menunduk, tangan tidak terkontrol dan dada bedegup kencang. Beda halnya ketika Anda berkata “Saya bisa berbicara didepan umum dan saya pasti mampu”. Maka tubuh Anda akan merespon tegapnya langkah Anda, mata berusaha menatap tegar, kaki diusahakan tidak tampak bergetar, tangan bergaya, dan debaran jantung mampu ternetralisir.

Emosi Anda akan membentuk sikap tubuh Anda, sikap tubuh dipengaruhi oleh emosi. Sebagai contoh sikap Anda ketika depresi dengan sikap anda saat bahagia. Ketika depresi wajah Anda tertunduk, langkah lamban, mata tak bergairah dan sulit tersenyum. Sedang ketika anda bahagia rona wajah berseri, senyum tersungging, dan getaran kata-kata indah didengar.

Sebuah penemuan besar abad ini yang akan merubah motivasi kehidupan Anda dari dalam adalah “Sikap Anda akan mampu merubah emosi Anda”. Anda pernah lihat bagaimana sikap pemain sepakbola yang baru memasukkan bola ke gawang musuh? Ceria, lari kencang, tangan mengepal, dan bergairah. Dan sekarang anda bandingkan dengan sikap sopir angkutan Kota yang ditangkap polisi dan kena tilang:? Sedih, senyum dipaksakan, mengumpat, mata tidak bersahabat, tidak terkontrol dll.

Mari kita fokuskan bahasan pada:” Bagaimana sikap Anda mampu merubah emosi Anda”.
Sekarang Anda bayangkan satu masalah Anda yang berat, kemudian angkat wajah Anda menatap kedepan dengan tegas, kepalkan tangan Anda, , bayangkan peristiwa bahagia yang sangat berkesan dalam hidup anda, melompatlah mulailah Anda tersenyum, bayangkan keiinginan-keinginan Anda yang indah, teriaklah “ Aku bisa”. Maka gairah baru akan Anda rasakan.

Untuk memudahkan anda menemukan sikap positip yang mampu mempengaruhi emosi Anda maka Anda perlu memakai teknik ATM, yaitu Amati Tiru dan Modifikasi.

Amati dan pelajari bagaimana proses dan cara orang-orang sukses menjadi sukses, kemudian Tiru dengan cara yang cerdas tanpa harus menjadi plagiat, dan akhiri dengan Modifikasi, yakni menggabungkan pengetrahuan yang baru Anda peroleh dengan keahlian Anda sebelumnya. Tahukah Anda bahwa keluarga sosro hanya memodifikasi teh dengan botol menjadi teh botol sosro. Soichiro Honda hanya memodifikasi sepeda dan motor menjadi satu bagian sehingga menjadi sepeda motor merek Honda.

Sebagaimana yang diajarkan sahabat saya Purdi Candra bos Primagama. Yaitu Berani Optimis Tiru Orang Lain. Bayangkan orang yang menurut Anda SUKSES , bagaiman dia besikap, berjalan, bicara, tersenyum dll. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan format sikap Anda yang baru dan hidup Anda akan lebih persuasif.

Potensi unggul yang ada pada tubuh Anda sangat dipengaruhi oleh sikap Anda terhadap diri Anda. Dan perubahan sikap Anda yang sudah tersusun belasan tahun hanya dapat dilakukan dengan banyak melatih sikap Anda, sehingga memperoleh rasa percaya diri yang mantap.

Rasa percaya diri akan tumbuh karena dipersiapkan yaitu perencanaan dan pelaksanaannya. Seorang perenang harus berlatih dan mempersiapkan diri berbulan bulan bahkan tahunan hanya untuk berlomba sekian menit bahkan detik digelanggang renang yang berbeda. Dalam Olah raga angkat besi seorang atlet telah melakukan ribuan kali angkatan dalam latihan, namun untuk menunjukkan kemampuannya, atlet tersebut hanya mengangkat beberapa kali saja dalam turnamen angkat besi.

Begitupun seorang bintang sepak bola melakukan tembakan ratusan kali untuk mengkasilkan satu gol digawang lawan.

Sejauh manakah sikap anda mempengaruhi kesuksesan Anda kedepan??. Jawabannya jelas, Anda tidak akan sukses ketika sikap mental Anda tidak yakin terhadap diri Anda. Yakinlah bahwa Anda adalah orang yang pertama kali mampu merubah kehidupan Anda. Tidak seorangpun yang mampu menghentikan langkah Anda secara permanen kecuali diri Anda sendiri. Yakinkah bahwa orang lain adalah penonton dal;am kehidupan Anda, namun andalah yang menjadi pemain utama dan pastikan Anda mampu berdiri tegap dan mengatakan :”SAYA BISA” InsyaAllah.

Beberapa tips yang semoga mampu menghantarkan kesuksesan Anda menatap masa depan yang cerah.

Tips sederhana yang bisa Anda coba untuk memvisualisasikan mimpi-mimpi Anda agar lebih fokus dan terarah adalah tips “TAJAM”

TAJAM merupakan kepanjangan dari

1. T (Tekad yang Kuat dan Tujuan Jelas)
Tekad kuat dan tujuan jelas adalah dua saudara kembar yang tidak bvisa berdiri secara terpisah. Apalah artinya main sepakbola tanpa gawang, atau lari marathon tanpa finish. Bulatkan tekad Anda sebagai pribadi sukses dan cerdas tanpa batas. Kemauan untuk belajar dan terus belajar. Pelajari keahlian khusus yang merupakan kompetensi / keahlian yang akan Anda kembangkan. Tekad yang kuat memang perlu tapi tekad tanpa tujuan akan membawa hasil LELAH. Milikilah tujuan mulai sekarang apa yang akan Anda lakukan kedepan. Ingat Anda dilahirkan bukan untuk melakukan semuanya, tapi Anda dilahirkan untuk melakukan sesuatu. Carilah sesuatu itu. Anda harus memiliki GAIRAH, AKSI dan CITA-CITA. Gairah dan Cita-cita tanpa Aksi Anda MELAMUN. Aksi dan Cita-cita tanpa Gairah Anda akan bekerja serba tanggung “setengah-setengah”, Anda Bergairah dan Berkerja dengan Aksi tanpa Cita-cita maka Anda akan sampai pada tempat yang keliru. Anda pasti BISA.

2. A (Arahkan pada Potensi Positip Anda)
Saya yakin Anda punya potensi positif yang merupakan kelebihan khas Anda. Gali dan temukan potensi positip Anda, karena ketika Anda melakukan hal terbaik dari potensi Anda maka Anda akan mengalami pelejitan luar biasa. Burung elang gagah jika terbang dan bukan dengan berlari, sebaliknya kuda akan gagah ketika harus berlari dan bukan berenang. Allah menciptakan kelebihan dari setiap makhlukNya. Semakin banyak anda ketahui potensi positif Anda maka InsyaAllah semakin tinggi KOMPETENSI Anda.

3. J (Jauhkan Diri Anda dari Metafora Negatip)
Prasangka buruk, anggapan negatif, keluh kesah, sumpah serapah dan banyak lagi istilah-istilah yang lain, tidak akan pernah mampu menghantarkan Anda sebagai pribadi yang bermental tegar, kokoh dan kuat. Hindari halusinasi negatif, kata-kata pessimis. Hilangkan kamus mengeluh dari otak Anda sekarang maka sikap Optimis akan menghampiri Anda, InsyaAllah. Jangan bilang “ Saya tidak mampu melakukan itu.” Tapi katakanlah; “Bagaimana caranya agar saya mampu melakukan itu?”.

Prasangka negatif akan muncul ketika Anda memiliki sifat M3B, yaitu Menunda, Malas, Menyalahkan dan Banyak alasan. Dengan menunda maka pekerjaan akan tertumpuk kepada satu waktu ang sangat berat, deangan Malas akan membuat otot dan pikkiran lemah dan kusut, dengan menyalahkan akan muncul kebiasaan menuduh orang lain menjadi penyebab kegagalan dan kambing hitam, dan dengan banyak alasan akan membuat kita tertutup belajar dari kesalahan.

4. A (Ambil Manfaat dari Setiap Kegagalan)
Ingat Firman Allah “ Setelah kesulitan Pasti ada Kemudahan” Rumus sukses adalah ; Orang SUKSES lebih banyak gagalnya daripada orang gagal. Sering mencoba sering gagal, tak pernah mencoba tidak pernah gagal. Tapi hasil akhirnya beda bukan?.

Semua hal mengandung resiko. Tertawa beresiko memperlihatkan kebodohan, menangis beresiko memperlihatkan kecengengan, Bertemu orang beresiko memperlihatkan keterlibatan, Menunjukkan perasaan beresiko menunjukkan diri Anda yang sebenarnya, Mengemukakan gagasan, impian-impian-impian Anda didepan umum beresiko kehilangan mereka, mencintai beresiko tidak dicintai, Hidup beresiko mati, Berharap beresiko putus asa, Mencoba beresiko gagal, TETAPI resiko harus diambil, karena bahaya terbesar dalam hidup adalah tidak mengambil resiko apapun. Orang yang tidak mengambil resiko tidak melakukan apapun, tidak memiliki apapun, dan tidak berarti apa-apa. Mereka dapat menghindar dari penderitaan dan kesedihan, tetapi mereka tidak dapat belajar, merasakan berubah, bertumbuh, mencintai atau hidup.Mereka adalah budak-budak yang dikungkung oleh sikap mereka sendiri, yakni kehilangan kebebasan.

ORANG YANG MERDEKA ADALAH ORANG YANG BERANI MENGAMBIL RESIKO. (Shiv Khera – You Can Win) , Anda dan saya sebenarnya tidak pernah gagal, yang gagal adalah peristiwanya. Seorang gadis yang menggoreng tempe dan tempenya gosong sesungguhnya yang gosong adalah tempenya. Artinya kita akan mampu bangkit kembali dari kegagalan yang pertama dengan memakai cara yang berbeda. Pelajari penyebab kegagalan, minimalisir kesalahan dan lakukan cara baru yang lebih baik, maka kegagalan pertama akan menjadi batu pijakan kesuksesan berikutnya.

5. M (Mantabkan Motivasi dengan Aksi Nyata)
Kuatkan motivasi Anda dengan tekad yang tegas dan kuat. Buatlah lingkungan yang mendukung motivasi Anda, dan segeralah hijrah ketika lingkungan yang Ada tidak mendukung kondisi motivasi Anda.

Ada sebuah cerita mengenai seorang raja kaya yang pada suatu hari berjalan mengelilingi negeri yang dicintainya. Pada jaman itu belum ditemukan alas kali, sehingga sang raja melewati daerah-daerah yang kadang kala berbatuan sehingga tapak kakinya sakit. Setelah pulang kembali ke istana, sang raja memerintahkan kepada menterinya agar menguliti setiap sapi di wilayah kekuasaannya untuk menutupi seluruh jalan di negeri itu agar kakinya tak lagi sakit jika berkeliling. Sang menteri berpikir sejenak, dan mengatakan kepada raja,” Baginda biarpun kita menguliti seluruh sapi di negeri ini tak akan menutupi seluruh jalan yang ada di negeri ini. Saya mengusulkan untuk membuat sepatu untuk baginda dari kulit sapi, agar kemanapun baginda pergi kakinya akan selalu terlindung.” Seringkali cara yang termudah dan termurah dan efektif dalam menghadapi perubahan adalah memulainya dari diri kita sendiri. Seringkali kita ingin orang lain, keadaan bahkan dunia ini untuk berubah terlebih dahulu, namun perubahan itu akan lebih mudah dan realistis terjadi jika kita mulai dari diri kita terlebih dahulu.

Cerita lain mengenai sebuah kapal perang raksasa yang melintasi laut yang tertutup dengan kabut tebal, sang kapten yang gagah perkasa menyerahkan arah kapal tersebut kepada supervisor kapal yang mengamati keadaan laut di depan kapal dari menara pantau tertinggi di kapal tersebut. Suatu ketika sang supervisor berteriak, “Kapten ada kapal di depan kita.” Kapten menjawab, “Beritahukan kapal itu agar membanting 20 derajat ke arah kiri.” Sang supervisor memberikan kode dengan isyarat lampu kepada kapal tersebut, kemudian dibalas dengan perintah agar kapal perang tersebut yang membanting 20 derajat ke arah kiri. Sang kapten sangat marah dan emosi dan memberikan perintah kepada supervisor kapal agar membalas pesan seperti berikut, “Dengar ini adalah perintah dari kapten kapal perang!.” Kemudian datang balasan yang mengatakan, “Ini adalah perintah dari supervisor tingkat II.” Merasa dipermalukan, sang kapten memberikan perintah, “Kami adalah kapal perang.” kemudian balasan datang yang mengisyaratkan, “Kami adalah mercu suar!”

Ada kalanya kita harus mengambil tindakan untuk berubah. Jika Anda bertemu “mercu suar” dalam hidup Anda, bersiaplah untuk berubah atau Anda akan hancur. Perubahan adalah hal yang tidak meng-enakkan dan tidak jarang membuat kita ragu, takut bahkan menunda pengambilan tindakan. Mengapa? Karena perubhan menimbulkan resiko baru yang mungkin lebih beresiko dibandingkan jika kita tidak berubah sama sekali. Namun ada kalnya kita harus mengambil suatu keputusan untuk berubah, jika setelah berkali-kali kita “terantuk” oleh permasalahn yang sama. Dunia ini bagaikan tempat “belajar” untuk setiap insan manusia. Jika kita terus melakukan kesalahan yang sama dan menolak untuk berubah, kita tidak dapat maju ke “tingkat yang lebih tinggi.”

Ingatlah setiap perubahan akan membawa kita kepada dua pilihan, gagal atau berhasil, pastikan Anda berfokus terhadap keberhasilan itu. Hidup ini bagaikan roda dunia yang akan terus berputar. Roda itu terus berputar karena dengan berputar ke depan, roda itu baru dapat maju. George Bernard Shaw mengatakan kemajuan adalah hal yang mustahil terjadi tanpa adanya perubahan, dan mereka yang tidak mampu mengubah cara pikirnya tidak akan merubah apapun. Charles F. Kettering pun mengatakan hal yang tidak kalah dahsyatnya bahwa dunia ini membenci akan perubahan namun perubahan itulah satu-satunya yang mendatangkan kemajuan. Roda kehidupan akan terus berputar, kadang di atas kadang di bawah, banyak orang yang menahan akan adanya perubahan dan selalu ingin terus berada di atas roda yang berputar. Mereka terus berusaha untuk tetap berada pada posisi atas sehingga ketika perubahan terjadi dan mereka berada di posisi bawah roda, mereka tidak bersiap sehingga tidak mampu bangkit dari kegagalan.

Kesuksesan seseorang terjadi ketika ia mampu dan siap menghadapi perubahan. Camkanlah apa yang dikatakan Carol Burnett bahwa hanya kitalah satu-satunya yang dapat mengubah hidup kita. Tidak ada orang lain yang dapat melakukannya untuk kita. Menahan arus perubahan dimana dibutuhkan dapat menghancurkan kehidupan Anda. Walaupun perubahan membawa perasaan tidak menentu, tidak berubah juga mendatangkan resiko yang tidak kalah bahayanya. Jika Anda tidak merasa yakin dengan arah yang Anda ambil saat ini, sudah saatnya Anda menempuh arah yang lain. Makin cepat Anda mengambil keputusan untuk berubah makin baik. Adalah hal yang penting untuk diketahui, jika Anda terus melakukan hal yang sama, Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Jika Anda menginginkan hasil yang berbeda, Anda harus menyambut perubahan dengan sikap yang positif. Live your life with passion!

Bangkitlah wahai Saudara dengan tiga hal:

1. Jangan Mengeluh (hapuskan kata mengeluh dalam otak Anda)
2. Coba lagi dan coba lagi dan jangan tunda sampai besok.
3. Usaha semaksimal, Berdoalah kepada Allah seoptimal mungkin dan Serahkan sepenuhnya PadaNya.

Selamat dan Anda Layak dapat Bintang. Anda telah memasuki kandang MACAN dan bukan Kandang Kambing. Akan diketahui mana yang Ompong dan mana yang Bertaring. Buktikan bahwa Anda adalah orang terbaik yang pernah dimiliki oleh keluarga Anda. Bangkitlah dan mari kita bangun bersama kejayaan di Bumi ini.

Aris Ahmad Jaya
Direktur pada PT ABCo Sugesti Motivatindo
Lembaga Character Building dan Managemen Terapan yang berkonsentrasi pada Auto Sugesti Power. (Membangkitkan keyakinan Diri dari Dalam)

About these ads